FPK Kab. Bandung Sukses Gelar Sosialisasi Pembauran Kebangsaan Tahun 2019

Bandung, JN- Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menggelar Sosialisasi Lintas Suku, Etnis dengan tema ” Komunitas Bersatu, Bandung Maju, Etnis Bersahabat Bangsa Bermartabat ” di Balai Aula Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Jumat (18/10/2019).

Ketua panitia, Bangbang Tri S.Sos, dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi pembauran kebangsaan ini akan digelar di dua kecamatan dan di ikuti oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai Lintas Suku, Etnis dan tokoh masyarakat.

FPK Kabupaten Bandung telah dibentuk sejak tahun 2015 yang terdiri dari Suku Sunda, Jawa, Batak, Minang, Padang, Madura, Flores dan lainnya yang bertujuan untuk saling menjaga dan menghargai keberagaman bahasa, budaya, etnis dan kepercayaan yang dianutnya guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Istimewa

 

Lanjut Bambang, Program kerja FPK kedepan akan membentuk kepengurusan FPK tiap kecamatan, bila FKUB ( Forum Kerukunan Umat Beragama ) adalah forum berbasis agama, Forum Pembauran Kebangsaan adalah berbasis suku. Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) tingkat kecamatan menurutnya tetap harus dibentuk walau saat ini tidak ada bahaya konflik kesukuan yang mengancam di Kabupaten Bandung.

” Tugas FPK adalah menjaring aspirasi masyarakat di bidang kebangsaan. Yang kedua adalah menyelenggarakan forum dialog, serta menyelenggarakan sosialisasi terkait pembauran kebangsaan,” tandasnya.
kecamatan,

Sementara itu, kegiatan dibuka oleh Sekban Kesbangpol Kabupaten Bandung Bambang Sukma Wijaya M.Ap dan pemateri dari unsur Polres Bandung, Kodim, Muspika dan Para tokoh masyarakat juga hadir Ketua FPK Kabupaten Bandung H. Rukman serta beberapa pengurus FPK Kabupaten Bandung Wasinton.S Perwakilan Batak, Abu Salim perwakilan Suku Padang, Hianjin perwakilan Tionghoa, Abdul Karim perwakilan Musi Banyuasin, Abah Dede Paseban serta unsur masyarakat lainnya. (Tim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pedoman Media Cyber | Redaksi | JAKPOSNEWS Diterbitkan : PT. Naga Media Cipta