IKSAJ GELAR ISTIGOSAH KELILING BERSAMA WARGA TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA

IKSAJ GELAR ISTIGOSAH KELILING BERSAMA WARGA TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA

Cirebon,JN– Ikatan Santri dan Alumni Jagapura (IKSAJ) gelar Istigosah keliling,minggu (20/03). Selain Iksaj bersama ratusan warga dari 4 desa, jagapura lor, jagapura kidul, jagapura wetan dan jagapura kulon juga di ikuti berbagai organisasi kemasyarakatan, di antaranya Jamaah Muslimat, Fatayat, Banser dan GP Ansor juga santri dari berbagai ponpes yang ada di Jagapura dengan titik kumpul di Masjid Jami Al Mutaqien,jagapura kulon, kec gegesik,kab Cirebon.

Selain itu, tokoh Agama dan tokoh adat juga para kuwu dari ke 4 desa tersebut tampak hadir dengan unsur muspidesnya. Sebelum berangkat keliling, salah satu tokoh agama ( tidak mau di sebut namanya) menjelaskan kita akan melaukukan ikhtiar Bathin dengan Istigosah keliling desa-desa yang ada di jagapura, tujuannya untuk membentengi/mencegah masuknya wabah Covid19 ini’ lebih lanjut.

Ist

 

Mudah-mudahan dengan ikhtiar seperti ini kita terhindar dan semoga wabah ini cepat berlalu’ harapnya.

Kemudian rombongan istigosah terlebih di bagi dua kelompok dengan rute terpisah, masing-masing mengelilingi desa jagapura wetan- kidul dan jagapura lor-kulon. tepat pukul 20,45 rombongan Istigosah bergerak dengan membawa obor dan tak henti-hentinya membacakan doa Hijib Likhomsatun.

Menurut ketua Iksaj, Murdhotillah, kegiatan ini untuk mengingatkan masayarakat supaya tidak panik terhadap musibah covid19.

” Ikhtiar ada dua, yaitu dhohir sama Bathin.sekarang kita sedang melakukan ikhtiar batin , semoga dengan giat istigosah keliling ini warga jagapura baik-baik saja dan tidak panik dengan adanya wabah covid19 ini” ujarnya.

Menurut salah satu kuwu (kepala Desa) terkait himbauan pemerintah pusat atau pemerintahan Daerah, pihaknya tidak dapat melarang kegiatan tersebut, karena sudah menjadi tradisi dari jaman dulunya kalau ada musibah selalu di adakan giat seperti ini. ” gimana ya, meskipun bertentangan dengan intruksi dari pusat dan daerah , sudah dari zaman dulu klo ada musibah seperti ini kita selalu adakan keliling desa, dengan harapan kita semua terhindar dan selamat dari wabah tersebut’ terangnya pada JN. ( Agung/sol)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan