oleh

Ria Dani Ramdan Apresiasi Katahanan Pangan Desa Telaga Murni

-Bekasi, Home-85 views

Kab. Bekasi, JN – Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Ria Dani Ramdan melakukan kunjungan ke Kampung Berseri Asri (KBA) RW 05, Desa Telaga Murni. Pada Rabu (22/9). Dalam kunjungannya tersebut, Ria Dani mengapresiasi aksi nyata ketahanan pangan RW 05 Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat.

“Disini saya menemukan ketahanan pangan yang sangat luar biasa. Ini merupakan wujud sinergitas, wujud kolaborasi, serta kerjasama yang baik antara Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Sehingga menghasilkan produk-produk yang bagus, dan meraih banyak penghargaan,” Tandasnya.

Ria Dani juga mengatakan, persoalan ketahanan pangan dimasa pandemi memberikan dampak rawan bagi kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial dan kesehatan. Karena menurutnya, bahan pangan tersebut merupakan hal penting yang menyangkut kualitas serta kuantitas.

“Sekarang lagi masa pandemi, ini memberikan dampak yang luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi, sosial, kesehatan. Maka dari itu, ketahanan pangan harus tetap terjaga. Karena, ini merupakan hal penting untuk masyarakat juga menyangkut pada kualitas serta kuantitas,” ujarnya.

Dirinya berharap, agar seluruh Kecamatan maupun Desa di Kabupaten Bekasi dapat mencontoh inovasi yang sudah dikembangkan oleh RW 05 Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat ini.

“Semoga ini bisa menjadi inspirasi, serta motivasi untuk RT, RW, Desa dan Kecamatan yang lain untuk lebih mengembangkan potensi-potensi yg ada di lingkungan masing-masing. Karena tentunya, di setiap daerah, lingkungan, dan wilayah pasti memiliki potensi yang berbeda. Kita sebagai agent of change harus tau bagaimana mengembangkan potensi masyarakat yang ada, sehingga dalat mensejahterakan lingkungan sekitar.” Harapnya.

Sementara itu saat diwawancarai terpisah, Ketua RW 05 Desa Telaga Murni, Rohdian menyampaikan, untuk mencapai ketahanan pangan di RW 05 terdapat delapan program sentra ketahanan pangan yang ada di setiap RW, yakni Seni Budaya dan Kebugaran, Taman Buah, Rumah Belajar dan Hidroponik, Kerajinan 3R, Taman Pelangi dan Taman Baca Terbuka, Lumbung Pangan, Budidaya Ikan Lele serta Kampung Toga.

“Di RW 05 ini, ada delapan sentra. Dan program-program yang kami miliki ini, merupakan binaan dari CSR PT Yutaka Manufacturing Indonesia. Dari situlah, kami bisa berinovasi sehingga punya banyak penghargaan sampai ke Bangka Belitung, dan dua tahun lalu ada 100 pegiat lingkungan seluruh Indonesia, bahkan dari Papua datang kesini.” Jelasnya.

Kunjungan Tim Penggerak PKK kali ini juga sekaligus dirangkaikan dengan pertemuan rutin para Kader PKK Tingkat Kabupaten Bekasi, yang mengusung tema Ketahanan Pangan di Masa Pandemi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh, Ketua Dharma Wanita Pesatuan (DWP) Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat Cikarang Barat serta Narasumber dari Himpunan Kerukunan Tani Jawa Barat, Entang Sastraatmaja.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan CSR kepada warga RW 05 Desa Telaga Murni, yang diberikan oleh PT Megapolis Manunggal MM 2100, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Jotun dan PT Tirta Alam Segar. Bantuan CSR ini diterima secara simbolis oleh Pj. Ketua TP-PKK, Ria Dani Ramdan dan Ketua RW 05, Rohdian. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed