oleh

Jaman Milenial, Nurfaizah Bangun Strategi Reseller Usaha Jualan Online

-Home, Jabar-186 Dilihat

Indramayu,JN- Perkembangan dunia usaha perdagangan saat ini banyak banyak cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut sebagian ada yang memelalui media sosial dan juga biasanya pebisnis ada yang menggunakan sistem reseller.

Reseller adalah istilah untuk pelanggan yang membeli, kemudian menjual produk lagi kepada pelanggan lain. Kegiatan reseller ini sudah biasa dilakukan pada jual-beli online. Beberapa online shop mungkin ada yang bersedia menerima reseller dan ada yang tidak.

Seperti yang dilakukan Nurfaizah (20 thn), seorang gadis muda Reseller yang mencoba membangun strategi reseller lewat berjualan secara online dengan menjual berbagai kebutuhan perempuan, seperti baju, celana, aksesories, skincare juga masker dan perabotan rumah tangga lainnya.

“Pembeli sekarang semakin cerdas dan detail,jadi mereka itu ingin mendapatkan layanan dan respons yang cepat, juga ingin kualitas barang yang bagus,” tutur gadis kelahiran yang memulai bisnis olshop nya sejak kelas 2 SMK, saat bincang- bincang dengan JN,senin, (20/1/22).

Awalnya ia menggunakan model bisnis dropship, maka ia tidak perlu memiliki stok barang. Begitu juga proses paket serta pengiriman ke konsumen pun dilakukan oleh suplier.

Sedikit dia menjelaskan Tugasnya, dirinya cukup mempromosikan barang melalui media sosialnya saja. Ketika ada order barang yang masuk, ia hanya meneruskan orderan tersebut ke suplier. Selanjutnya suplier akan mengirimkan orderan tersebut ke konsumen. Nama pengirim biasanya atas nama Konsumen, tergantung dari kesepakatan suplier.

“Sejauh ini proses berjalan nya olshop saya, Alhamdulillah ada perkembangan omset setiap bulan bahkan setiap tahun. Untuk itu saya memutuskan nyetok barang dirumah dan menjadi reseller” terangnya.

Berbagai macam kendala dan komplen dari pelanggan sudah ia rasakan dalam perjalanan olshopnya.

” Waktu dateng barang terlalu lama karna sistem PO jadi saya harus nunggu seminggu lebih. Belanja online enak sih, pilihannya banyak, gak ribet, tapi pernah kecewa ya dapet belanjaan gak seusai gambar. Saya pernah pesen sepatu, ukuranya 43 eh pas dateng ukuran 42. ” tutur salah satu narasumber yang sering belanja online.

Kini Faizah dan penjual olshop diluar sana juga dituntut untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya untuk bisa merenspons keinginan konsumen lebih cepat . Hal ini disebabkan permintaan konsumen yang semakin beragam.(Novi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed