“Tinjau Proses Seleksi PPDB, Kadisdik Dampingi Pj Walikota Bekasi”

Home, Pendidikan2005 Dilihat
Ist

 

 

Bekasi,JN – Untuk memastikan proses tahapan seleksi PPDB secara maksimal, Penjabat (Pj) Walikota Bekasi Ruddy Gandakusuma melakukan peninjauan verifikasi pindah rayon atau jalur luar kota dan jalur prestasi pada tahapan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Kota Bekasi tahun ajaran 2018/2019. Setidaknya peninjauan yang dilakukan Ruddy turut didampingi kepala dan sekretaris dinas pendidikan dilokasi SD Margahayu 5 Kecamatan Bekasi Timur, Selasa, (26/6/2018).

Dalam peninjauan tersebut, Ruddy melihat proses verifikasi dan input data hasil berkas siswa yang dilakukan.

Ruddy juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan kepada warga oleh jajaran Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dalam kegiatan ini.

“Saya lihat masyarakat sudah mengetahui tahapan verifikasi semua jalur jelang pendaftaran online PPDB dimulai pada 3 Juli 2018 nanti. Sistem sudah berjalan baik dan saya apresiasi pelayanan oleh jajaran OPD terkait dan aparatur wilayah yang ada. Termasuk kesiapan suport dari PLN dan Telkom terkait aksesibilitas sistem PPDB. Dan semoga kegiatan ini menjadi ladang amal ibadah kita,” ungkap Ruddy.

Terkait penerimaan siswa sekolah swasta, menurut Ruddy, Disdik dan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) telah berkoordinasi mengenai rombongan belajar yang tujuan utamanya agar semua anak warga Kota Bekasi bisa mengenyam pendidikan yang layak.

“Sudah dibicarakan terkait rombel antara Disdik dengan BMPS. Intinya bagaimana komitmen kita bersama memfasilitasi anak usia sekolah bisa memperoleh pendidikan,” ungkap Ruddy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzi mengatakan jalur afirmasi atau jalur warga tidak mampu dilakukan verifikasi Kartu Keluarga, NIK di kecamatan. Ditambah salah satu syarat lain dengan memiliki Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Indonesia Sehat atau masuk Program Keluarga Harapan bisa mendaftar di jalur afirmasi tersebut.

Setelah diverifikasi dan diinput data, dan dinyatakan berhasil, barulah masuk tahapan pendaftaran sekolah tujuan secara online yang akan dimulai pada 3-5 Juli 2018.

Namun, Ali juga menyebut Pemkot Bekasi di PPDB 2018/2019 menyediakan 3700 kursi se-Kota Bekasi melalui jalur afirmasi atau sebanyak 25 persen dari total kursi sebanyak 14.800 untuk sekolah negeri di Kota Bekasi.

“Semoga program PPDB bisa berjalan maksimal dan lebih bagus mengakomodir warga Kota Bekasi,” harap Ali Fauzie.

Perlu diketahui, untuk PPDB yang ada di semua kecamatan, verifikasi data dilakukan secara serentak pada tanggal 25, 26, 28 Juni 2018, bagi siswa yang berkesempatan masuk jalur afirmasi atau warga tidak mampu, dan jalur zonasi.(Red/TI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *