MUSRENBANGDES SUKASARI TAHUN ANGGARAN 2020

Bekasi, Home4538 Dilihat

Kab.Bekasi,JN – Kegiatan MUSRENBANGDES Tahun Anggaran 2020 Sukasari Kecamatan Serang Baru yang dilaksanakan (Selasa 15/1/2019) di Aula Kantor Desa berjalan baik dan lancar. Setidaknya, acara MUSRENBANGDES Sukasari yang mengangkat Thema “pembangunan infrastruktur yang terintegritas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik” membahas beberapa point mengenai pembangunan desa, diantaranya Tahun 2018 pengajuan desa sukasari 31 yang terdanai 3 usulan, sisanya diajukan kembali untuk musrembang 2020. Tentunya, sisa usulan tersebut mencakup bidang infrastruktur, sarana pendidikan dan kesehatan, pelatihan, PJU, pembinaan, pelatihan.

Acara yang dipimpin langsung oleh, H. Sukria Kades Sukasari, dihadiri, Ajo, Sekcam Serang Baru. Hasan, Sekdes Sukasari, Perwakilan Kemendes RI, Kapolsek yang diwakili, Bripka. Surya, Bimaspol Polsek Serang Baru. Pelda. Suroso, Serka M. Syaiful. Babinsa Sukasari Koramil Serang Baru, BPD, Jajaran Aparatur desa serta semua unsur tokoh masyarakat desa Sukadami.

H. Sukria Selaku Kepala Desa Sukasari mengatakan, Untuk bidang pembangunan desa, semua kegiatan yang dibiayai oleh Dana Desa harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

Lebih lanjut Sukria mengatakan, “desa Sukasari memiliki kebijakan pembangunan Desa, serta rencana kegiatan yang meliputi bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa” Pungkas H. Sukria.

Sekcam Serang Baru dalam pencerahannya mengatakan, mudah mudah apa yang direncanakan dapat terlaksana atas ijin Allah subanawatallah.
Namun lanjut Sekcam, musdes dirumuskan mana yang terjangkau oleh dana desa. Sisa nya yang belum terjangkau dan anggaran nya besar akan didorong ke tingkat Pemda kabupaten.
Hasil laporan dari rekan pembangunan desa Sukasari masih ada yang belum teriangkau. Jadi dihimbau bagi semua,harus betul betul di data supaya berjalan sesuai yang diharapkan.

Sekcam juga berharap, untuk Pelatihan komputerisasi bisa ditingkatkan,karena kemungkinan masih ada yang blm memahami. Karena Tidak sedikit tenaga kontrak desa putus ditengah jalan. untuk itu dalam rangka meningkatkan SDM masyarakat salah satunya lewat program pelatihan. Seperti pelatihan perbengkelan maupun pelatihan yang lainnya.

Berbicara kualitas pelayanan,tidak hanya pelayanan pembangunan melainkan meningkatkan pelayanan kualitas pelatihan juga penting. Demikian pencerahan yang disampaikan sekcam.

Babinsa desa Sukasari kecamatan serang baru juga berharap bisa bersinergi bidang keamanan,dan pastinya akan terus dikawal,agar sampai pada tujuan yang diharapkan. Pada prinsipnya “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”. Demikian harapan kami,agar selalu dijalin kerjasama yang baik bidang keamanan, apabila ada yang kurang nyaman segera laporkan ke kami, tutupnya.

Tim monitoring Pemda kabupaten Bekasi juga menyampaikan, “terimakasih atas sambutannya kehadiran kami. Kehadiran kami ini dalam rangka monitoring terus meningkatkan sistem, kalaupun belum ada yang terkabul,mudah mudahan bisa diusulkan dalam abpd. Yang jelas dalam pelaksanaan kegiatan yang diusulkan ada pertimbangan diantarnya judul kegiatan tidak tepat,hasil survei lokasi tidak ditemukan dan harus dimasukan titik koordinatnya,supaya mudah dijangkau. kemudian status lahan contohnya kalau ada sekolah butuh penambahan ruang kelas sementara lahan belum jelas,tidak bisa diperluas melainkan ditingkat. Kemudian usulan yang masuk bukan kedinas terkait. Selanjutnya, Input tidak boleh dari waktu yang telah ditentukan ataupun sesuai jadwal . Untuk itu, diharapkan apa yang sudah masuk dalam Anggaran Dana Desa (ADD) ,jangan diusulkan lagi,supaya tidak tumpang tindih . Tapi kalau ada kegiatan ADD yang belum selesai,itu bisa diajukan ke APBD ,selama yg diusulkan belum masuk dalam ADD. Demikian arahan Tim Monitoring Pemda Kabupaten Bekasi mengenai usulan Musrenbang tahun 2020.

Kemudian disesi acara terakhir MUSRENBANGDES Sukasari ditutup dengan doa yang dipimpin ust. Solehudin.(fery)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *