Pesan Penting Ketua PWI Bekasi dalam Pelatihan Jurnalis

Home, Nasional1815 Dilihat

Bekasi,JN – Ketua PWI Bekasi Melody Sinaga tegaskan MoU Dewan Pers dengan Polri dalam Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan Pelita Rakyat Group di Hotel Horison Kota bekasi,Jumat (22/2/2019).

Tentunya penegasan Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Dewan Pers dengan Kepolisian Republik Indonesia nantinya dapat dilaksanakan mengenai penanganan perkara pemberitaan pers dengan perkara tindak pidana yang dilakukan individu pers. Karena menurut Melody, dalam MoU dijelaskan bahwa terkait sengketa pemberitaan yang dikeluhkan masyarakat supaya tidak langsung ditangani pihak kepolisian melainkan harus melalui hak jawab terlebih dahulu, demikian pesan dan harapan Melody kepada penasehat Pelita Rakyat Irjen Pol (P) Ricky HP.Sitohang yang hadir saat itu dalam acara pelatihan yang digelar Pelita Rakyat Gorup.

Setidaknya Melody beranggapan, kemungkinan MoU tersebut belum banyak diketahui polisi di berbagai daerah atau belum tersosialisasikan. Sehingga Ketidaktahuan aparat kepolisian terhadap MoU tersebut menimbulkan dampak negatif bagi kegiatan wartawan yang terjadi selama ini.

Kedepan kata Melody, kepengurusan PWI Bekasi akan segera melakukan Audensi di tiap-tiap Instansi khususnya di Instansi Kepolisian Republik Indonesia yang ada di Bekasi. Setidaknya, Audensi yang akan dilakukan salah satunya untuk mendorong langkah pihak kepolisian dalam hal laporan masyarakat terkait pemberitaan di bidang Jurnalis ditangani berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 1999 tentang PERS,tandasnya.

Kendati demikian,Melody juga berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan pers, ” sebuah informasi yang diterima wartawan harus butuh pengolahan yang cukup dilapangan,jangan sampai informasi yang diterima langsung cepat diberitakan. Karena informasi yang disampaikan wartawan lewat pemberitaan jangan sampai merugikan salah satunya pihak. Yang jelas, informasi yang telah disampaikan media harus siap dipertanggungjawabkan.

Dalam hal ini Melody sangat mengapresiasi Pelaksanaan pelatihan jurnalistik Pelita Rakyat Group yang Ke 9 (sembilan) . Semoga pelatihan ini dapat menumbuhkan perkembangan kinerja pers menjadi lebih baik untuk kedepannya. Selamat dan Sukses, tutupnya.(JN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *