BKKBN Jawa Barat Melalui KSPK Sub Bidang Ketahanan Remaja Menyelenggarakan Apresiasi Duta

Bandung, Home553 Dilihat

Bandung,JN РPerwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Sub bidang Ketahanan Remaja menyelenggarakan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe Tingkat Jawa Barat Tahun 2022 kemudian disingkat ADUJAK GenRe 2022. Koordinator bidang KSPK, Elma menjelaskan bahwa ADUJAK GenRe Jawa Barat 2022 sudah berlangsung dari bulan November yang diisi dengan perlombaan PIK Remaja berbagai segmentasi, Bina Keluarga Remaja, Forum GenRe, maupun Duta GenRe se-Jawa Barat. Adapun dari tanggal 18 s.d 20 Desember 2022 bertempat di Grand Sunshine Kabupaten Bandung merupakan puncak kegiatan ADUJAK GenRe 2022 dan pemberian apresiasi bagi Duta GenRe, kelompok kegiatan, Forum GenRe terbaik di Jawa Barat.

ADUJAK GenRe 2022 ini dihadiri Bunda GenRe Kota dan Kabupaten. Sejawa Barat para Kepala Dinas beserta jajarannya, para aktivis remaja, beserta remaja seluruh Jawa Barat untuk mendukung jagoannya. Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah mengucapkan selamat datang dalam sambutannya dan mengingatkan bahwa pernikahan dini, stunting serta persoalan remaja lainnya terkhusus di Kabupaten Bandung dan umumnya di Jawa Barat, dapat teratasi dengan adanya program Generasi Berencana dengan dukungan penuh Bunda GenRe dalam setiap realisasi kegiatannya. Terkait dengan siapapun yang menang, tetaplah kita Jabar Juara, pungkasnya.

Dalam sambutannya Kepala perwakilan ( Kaper ) BKKBN Provinsi Jawa Barat yang akrab dipanggil Ayah Wahid, salah satu program untuk mengedukasi pada remaja yaitu Program Generasi Berencana atau kita kenal dengan sebutan GenRe. Melalui program GenRe, remaja Jawa Barat terhindar dari pernikahan di bawah usia ideal menikah, menghindari seks bebas, dan tidak terkena Napza. Dengan menghindari tiga hal tersebut ternyata berdampak positif pula pada percepatan penurunan stunting. Untuk itu Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dalam ADUJAK GenRe 2022 sekaligus mengukuhkan perwakilan Duta GenRe tingkat desa dari 27 Kota kabupaten di Jawa Barat dalam rangka memasifkan program percepatan penurunan stunting, tambah Wahidin.

Kaper BKKBN Provinsi Jawa Barat, menjelaskan, bahwa salah satu agent of change yang coba dibentuk oleh BKKBN melalui program PKBR adalah Duta Generasi Berencana (Duta GenRe) yang merupakan brand ambassador program GenRe bagi remaja-remaja lainnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan membangun semangat untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja-remaja di daerah masing-masing.

“Duta GenRe memegang peranan penting untuk menyosialisasikan Program Bangga Kencana, khususnya dalam Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR). Melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melewati 5 transisi kehidupan masa remaja dengan baik,” ujar Wahidin.

Ada yang unik dari opening numbering atau perkenalan semua finalis Duta GenRe Jabar, yaitu para Duta GenRe memperkenalkan diri dengan didampingi oleh Bunda GenRe masing-masing Kota Kabupaten Se Jawa Barat. Dari 24 Pasang Duta GenRe Kota Kabupaten di Jawa Barat yang mengirimkan, dipilih 10 pasang terbaik. Selanjutnya terpilih lima pasang terbaik, untuk menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh panitia. Lima pasang terbaik tersebut langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan Dinas Kominfo Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Dispora Jabar, Forum GenRe Indonesia, dan Star Jabar. Terpilihlah menjadi Duta GenRe Provinsi Jawa Barat (Putra) dari Kota Cimahi atas nama Jason Maxwell dan Duta GenRe Provinsi Jawa Barat (Putri) atas nama Meita Choppypah dari Kota Depok. Meita dan Jason menggantikan Duta GenRe Jawa Barat Tahun sebelumnya yakni Maul dan Feni dan akan melaju di pemilihan Duta GenRe tingkat nasional Tahun 2023.

Selain diselenggarakannya pemilihan Duta GenRe Jawa Barat diberikan apresiasi kepada kelompok kegiatan remaja Jawa Barat yaitu Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK Remaja) Kategori Segmentasi Berani, Beraksi, Berkolaborasi. PIK Remaja integrasi dengan BKR, kategori Bina Keluarga Remaja (BKR), Forum GenRe terbaik. Penilaian telah dilakukan sebelumnya dengan tahapan seleksi administrasi, wawancara, penilaian profil dan tiga terbaik terpilih langsung diverifikasi (rechecking) oleh dewan juri ke sekretariat masing-masing. Dewan juri penilaian apresiasi ini terdiri dari unsur BKKBN Jawa Barat, Forum GenRe Jawa Barat, tokoh dan aktivis remaja Jawa Barat.(fariel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *