Bahas Penanganan Banjir, Plt. Bupati Bekasi Gelar Rapat Bersama Camat Sekabupaten Bekasi

Bekasi, Home572 Dilihat

Kab. Bekasi, JN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelar Rapat Rutin Camat se-Kabupaten Bekasi mengenai penanganan banjir di beberapa titik yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi di Ruang Rapat Bupati, Komplek Pemda, Cikarang Pusat, Selasa (7/12).

Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki dalam rapat tersebut menyampaikan, perbaikan tanggul jebol di Desa Sumberhurip, Kecamatan Pebayuran, merupakan salah satu penanganan darurat untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan saat ini. Dirinya juga mengatakan, telah berkoordinasi dengan dinas terkait dan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) dalam pelaksanaan pembangunan tanggul jebol tersebut.

“Rapat ini lebih kepada persiapan antisipasi banjir, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak BBWS dan dinas terkait untuk pembangunan tanggul jebol di Pebayuran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Plt. Bupati Bekasi mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi akan berkoordinasi dengan Walikota/Bupati lainnya, untuk mencari jalan keluar dalam penanganan masalah banjir, dan mencari titik mana saja yang rawan bagi masyarakat.

“Kedepannya, kami akan berkoordinasi dengan Walikota/Bupati lain dalam masalah banjir ini, tentunya melibatkan Baznas, Kemensos dan Pemprov Jabar. Karena dikhawatirkan musibah banjir ini datang seperti dulu, jadi perlu kita antisipasi salah satunya dengan bergotong royong bersama,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, bagi perusahaan-perusahaan besar yang ada di Kabupaten Bekasi untuk dapat saling bahu membahu, bekerjasama dengan pemerintah membantu masyarakat melalui CSR yang dikhususkan untuk penanganan banjir di Kabupaten Bekasi.

“Kami juga mengundang perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi, untuk bisa membantu melalui CSR yang dikhususkan untuk penanganan banjir.” Terangnya.

Terakhir, dirinya menegaskan kepada para Camat sebagai garda terdepan diwilayahnya, agar tetap berkontribusi aktif memiliki program antisipasi penanganan banjir, memaksimalkan pemberdayaan posko desa dan kelurahan di musim penghujan, terus membantu warga Kabupaten Bekasi yang terdampak Covid-19, dan yatim piatu, serta melaporkan kegiatan vaksinasi yang masih berlangsung untuk mendeteksi capaian vaksinasi di wilayah tersebut.

Sementara itu, menurut Kepala Perencanaan dan Pembangunana Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Dedi Supriadi, di tahun 2022 Kabupaten Bekasi akan melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kembali, yang akan fokus di tingkat Kecamatan terlebih dahulu, kemudian berencana memperbaiki infrastruktur di wilayah-wilayah tersebut.

“Akan ada musrenbang kembali di tingkat kecamatan dan desa, tapi kami ingin kecamatan terlebih dahulu. Kami akan mengutamakan, untuk memperbaiki jalan-jalan dan infrastruktur lain dan melakukan monitoring di daerah tersebut.” Jelasnya. (Red/prokop)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *